SELAMAT DATANG

Minggu, 18 Maret 2012

Model Pembelajaran NHT


Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap strutur kelas tradisional.  Numbered Head Together (NHT) pertama kali dikembangkan oleh Spenser Kagen (1993) untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut.
Dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh kelas, guru menggunakan struktur empat fase sebagai sintaks NHT:
a.       Fase 1 : Penomoran
Dalam fase ini guru memagi siswa ke dalam kelompok 3-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5.
b.      Fase 2 : Mengajukan Pertanyaan
Guru mengajukan sebuah pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan dapat bervariasi. Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam  bentuk kalimat tanya. Misalnya, “Berapakah jumlah gigi orang dewasa?”. Atau berbebtuk arahan, misalnya “Pastikan semua orang mengetahui 5 buah ibu kota propinsi yang terletak di pulau Sumatera”.
c.       Fase 3 : Berfikir bersama
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban perytanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.
d.      Fase 4 : Menjawab
Guru memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.

Sumber : Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

1 komentar:

  1. Singkat, padat dan jelas...

    sangat membantu bagi calon" guru...hahaa
    Terima kasih penjelasannya...

    Salam Konservasi ;D
    http://wawanwawa.blogspot.com/

    BalasHapus