SELAMAT DATANG

Rabu, 21 Maret 2012

Apa itu tomcat?

Layaknya artis yang sedang naik daun, tomcat (baca: tomket) akhir-akhir ini muncul di berbagai berita. Penasaran dengan maraknya kabar tentang "tomcat", saya coba tanya  mbah Google, dan inilah hasil menghimpun dari berbagai sumber.

Tomcat dikenal juga dengan nama daerah Semut semai, Semut kanai, Semut kayap, atau Charli. Ada 12 jenis serangga seperti ini, tapi yang paling banyak jumlahnya adalah spesies Paederus pasciatus. Serangga kecil ini termasuk jenis kumbang yang memiliki ukuran tubuh sekitar 7- 8 mm dan berwarna merah-hitam.


Sebenarnya serangga ini menguntungkan bagi petani karena mampu membasmi wereng. Namun, ciri khas dari serangga ini adalah kemampuan memproduksi toksin yang disebut paederin. Pada saat menyerang tomcat akan mengeluarkan toksin, persis seperti ular yang  mengeluarkan bisa.  Toksin tersebut dapat berdampak buruk bagi manusia. Akibat jika diserang serangga ini adalah dermatitis, dimana kulit melepuh seperti luka bakar dan mengeluarkan cairan. Racun serangga ini konsentrasinya 12 kali lebih besar dari bisa kobra, namun tidak mematikan.

Inilah cara terhindar dari infeksi toksin serangga tomcat:

1. Jangan ditepuk. Jika dihinggapi tomcat jangan pernah ditepuk, karena jika itu dilakukan tomcat akan mengeluarkan toksin.

2. Goyangkan tubuh. Untuk menjatuhkan tomcat, cukup menggoyangkan bagian badan yang dihinggapi tomcat. Kemudian barulah injak dengan alas kaki. Dengan demikian, tomcat tidak akan mengeluarkan toksin.

3. Bersihkan sisa tomcat. Setelah berhasil dimatikan, segeralah bersihkan tomcat dan noda-noda bekasnya agar toksin tidak tersentuh.

4. Bilas dengan air sabun. Bila terlanjur terkena toksin segera cuci dengan air sabun. kemudian oleskan salep anti gatal.

5. Luka basah jangan kena sinar matahari. Apabila sudah terlanjur terinfeksi dan mengakibatkan luka, jangan sampai luka yang masih basah terkena sinar matahari. Hal ini akan menyebabkan bekas hitam dari luka yang sulit dihilangkan.

6. Gunakan salep. Salep yang direkomendasikan adalah salep Acyclovir 5 persen yang dapat diperoleh di toko obat atau apotek terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar