SELAMAT DATANG

Minggu, 22 April 2012

Tips Aman dan Nyaman Melakukan Traveling



Bagi Anda baik pria/wanita, tua/muda, dan masih anak-anak/sudah dewasa, pastinya layaknya orang pada umumnya Anda pun memiliki hobi yang sangat Anda senangi dan mungkin karena saking hobinya, Anda bahkan rela meluangkan waktu secara rutin untuk menjalankan hobi Anda tersebut di sela-sela kesibukan Anda. Untuk kali ini saya akan berbagi mengenai salah satu hobi saya yang menurut saya sendiri ini bisa disebut salah satu hobi yang sangat mengasikan, Traveling,ya, atau sering disebut dengan “jalan-jalan,” hal yang satu ini memang sangat menyenangkan, memang sih membutuhkan biaya, bahkan tidak jarang kita harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, tapi ini bisa menjadi obat stress yang sangat manjur bagi Anda yang super sibuk dengan pekerjaan Anda sehari-hari. Namun tidak kalah penting dalam Traveling itu sendiri sering menghadirkan dampak yang kurang menyenangkan, baik itu bagi diri sendiri maupun bagi orang lain dan lingkungan. Disini saya akan berbagi tips-tips agar Traveling  dapat berjalan dengan aman dan sesuai dengan rencana Anda tanpa harus ada pihak yang dirugikan.
Yang pertama adalah tips yang bisa dipraktekkan agar Traveling memberikan dampak minimal bagi kerusakan lingkungan.
1.      Hindari penggunaan kendaraan yang mengeluarkan emisi CO2 yang besar dalam melakukan perjalanan ke tempat tujuan.
2.      Gunakan sarana transportasi massal, sewa sepeda, delman atau berjalan kaki untuk menikmati keindahan dan keunikan daerah yang kita kunjungi termasuk tempat-tempat indah yang tersembunyi.
3.      Berkenalan dengan banyak orang saat di perjalanan, salah satu cara agar bisa share tentang kendaraan. Hal itu akan menghemat emisi CO2, menghemat biaya perjalanan, dan tentunya menambah banyak teman.
4.      Belilah makanan di kaki lima, warung, atau restauran penduduk. Hal itu dapat mengurangi emisi yang digunakan untuk mengangkut bahan makanan dari lokasi yang jauh serta memberikan kontribusi langsung pada masyarakat lokal. Selain itu, biasanya perangkat makan di warung lokal tidak menggunakan plastik/styrofoam.
5.      Pilih makanan dan minuman lokal. Selain dapat merasakan makanan dan minuman dari daerah asal, juga untuk mengurangi emisi CO2 yang dihasilkan dari barang impor.
6.      Bawa botol minuman sendiri sehingga bisa diisi ulang.
7.      Bawa kantong belanja sendiri untuk mengurangi sampah plastik.
8.      Membuang sampah pada tempatnya.
9.      Ambil spot wisata yang menawarkan layanan yang lebih hijau” atau punya program lingkungan.
10.  Dorong industri pariwisata untuk melakukan social responsibility. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak wisatawan asing yang bersedia membayar lebih mahal asal kegiatan liburan mereka itu membantu sesama, ramah lingkungan dan melestarikan kebudayaan setempat.
Kemudian untuk yang selanjutnya adalah tips untuk Anda yang ingin mengajak pasangan Anda ikut dalam petualangan Anda dalam mengnjungi tempat-tempat tujuan Traveling  Anda. Berikut beberapa tips nya :
1.      Ingatkan pasangan bahwa perjalanan ini bukan kunjungan bisnis, pekerjaan, atau study tour yang mewajibkan pelakunya harus tetap berpikir keras meskipun sedang berada ditempat yang sangat indah.
2.      Jangan tersesat, gunakanlah berbagai macam alat dan informasi yang tersedia seperti peta, GPS dll atau Anda dapat bertanya pada seseorang jika Anda tidak yakin dengan keputusan Anda.
3.      Temukan waktu untuk jalan-jalan sendiri, hal ini berarti jangan terus menerus berduaan, luangkanlah waktu dimana Anda dan pasangan Anda berjalan secara terpisah untuk dapat dengan bebas melakukan hal-hal yang disukai, dengan begini tentunya pada saat jam istirhat dimalam hari hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pembicaraan seru (pamer) dengan pasangan Anda, dan ini akan sangat menarik.
4.      Mengakui kekuatan pasangan Anda, dalam keadaan yang menyenangkan, tentu lelah dan capek tidak akan terasa, namun ketika pasangan Anda terlalu lelah pada saat istirahat, jangan menyalahkannya atas tindakannya yang terlalu berlebihan tadi, berusahalah untuk memujinya agar dia kembali bersemangat dan Traveling dapat tetap berlanjut.
5.      Menyelesaikan pertengkaran, selesaikanlah segala macam permasalahan yang ada antaa Anda dengan pasangan Anda, baik masalah pekerjaan, beda pendapat atau masalah lain yang mungkin terjadi, bicarakan baik-baik menganai berbagai hal yang akan Anda dan pasangan Anda lakukan, sehingga tidak timbul masalah baru.
6.      Perut harus kenyang, rasa lapar amatlah berbahaya, ini dapat menimbulkan berbagai hal yang tidak menyenangkan, seperti emosi yag tidak stabil, kehilangan nafsu wisata, yang lebih parah lagi adalah bahay yang mengganggu kesehatan, oleh karena itu belajarlah untuk tidak menunda makan.
7.      Tetap optimis meski ada ketidaknyamanan, menurut saya mudah, saja memahami bahwa orang merasa kesal akibat kepanasan, tidak yakin akan arah tujuan, merasa lapar, dan entah apa lagi yang dapat terjadi, seakan daftar ini bisa terjadi kapan saja, dimana saja dan dating secara tiba tiba. Bahakan hanya karena hal ini, Anda atau pasangan Anda bisa merasa hampir gila, oleh karena itu belajar menikmati kebersamaan Anda dengan pasangan Anda adalah hal yang tiada bandingannya dengan apa yang akan Anda lihat atau tidak Anda lihat, apa dan kapan Anda akan makan, kapan Anda akan tiba di tempat tujuan dan berbagai gangguan emosional liannya.
8.      Biarkan hal-hal kecil berlalu, tentunya akan banyak hal yang mengganggu Anda dan pasangan seperti orang-orang aerah yang kurang ramah, kepentingan rumah dan pekerjaan yang ditinggalkan dan lain sebagainya. Lupakanlah…!, ingat, Anda sedang berlibur, jadi nikmatilah liburan Anda.
9.      Selalu menemukan obat bagi kekecewaan, jika Anda tidak sempat mengunjungi suatu museum, masih ada yang lain di ujung jalan sana. Jika Anda salah belok Anda bisa menemukan jalan lain untuk tiba di sana. Jika Anda memesan sesuatu yang tidak Anda sukai, pesan saja lagi sesuatu yang lain. Jika Anda tidak melihat ada untungnya melakukan perjalanan ini, rencanakan kepulangan.
10.  Ambilah dunia sebagai sepasang kekasih, sesungguhnya dalam Traveling, Anda menemukan bahwa Anda hampir tidak pernah bertengkar atau saling tidak setuju ketika Anda berdiskusi dengan pasangan Anda mengenai tujuan Traveling Anda. Mungkin ini karena Anda berdua telah menjauh dari segala stres yang bisa menyebabkan perbedaan di antara Anda dan pasangan. Ini semacam sindrom “dunia milik kita berdua, yang lain nyewa”.
Nah setelah beberpa tips diatas, lalu akan muncul pertanyaan “bagaimana jika Anda adalah seorang wanita dan sendirian…???”, tentunya hal ini akan berbada jika Anda adalah seorang laki-laki yang tentunya akan dengan mudah merasa aman dan nyaman ketika berada dilingkungan baru yang cukup asing dan dengan berbagai hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Berikut beberapa tips untuk Anda para wanita yang menggemari kegiatan Traveling.
1.      Barang bawaan
Ini adalah kelemahan pada umumnya cewek untuk urusan jalan-jalan. Entah kenapa cowok tuh bisa jalan-jalan dengan bawaan yang super irit, sementara para cewek, minta ampun banyaknya. Inginnya segala rupa dibawa, aneka model baju, sepatu, sandal, aksesoris, alat mandi, berbagai benda untuk perawatan kulit dan rambut, dan sebagainya. Bila Anda termasuk salah seorang yang mengalami ini, yakinlah bahwa makin banyak barang yang Anda bawa, makin banyak pula barang yang tak terpakai di perjalanan dan hanya menjadi beban. Silakan saja membawa krim siang, malam, dll, tapi pastikan membawa takaran sesuai lamanya perjalanan Anda. Ingat bahwa the lighter you travel, the cheaper, yang intinya “lebih ringan lebih murah”. Bayangkan Anda harus membayar harga bagasi lebih mahal (bila naik maskapai berbiaya rendah) atau membayar tip kepada orang yang membawakan barang Anda (karena Anda sendiri sudah tidak sanggup).
2.      Penampilan
Menjaga penampilan agar selalu menarik memang penting, tapi sadarilah bahwa Anda sedang menjadi “tamu” sehingga ada yang harus di-tone down. Sudah pasti pemakaian perhiasan mewah dihindari, kecuali jika situasi memungkinkan seperti menghadiri pesta. Pakaian dan riasan wajah pun wajib disesuaikan dengan nilai-nilai setempat sehingga Anda tidak terlihat terlalu mencolok dan salah kostum. Di samping akan terlihat aneh atau tidak pantas, bisa mengundang tindak kriminal.
3.      Belanja
Banyak cewek Indonesia adalah penggila belanja, bahkan banyak yang jalan-jalan dengan tujuan hanya untuk belanja. Bila Anda termasuk golongan ini, selalu ingatkan diri Anda untuk belanja sesuai kemampuan dan tidak merepotkan rekan seperjalanan. Jangan karena keasyikan belanja, Anda mengabaikan waktu dan membuat rekan menunggu lama di meeting point, misalnya. Ada juga yang hobi meminta bantuan dibawakan barang belanjaan, meminjam uang, atau menitip di bagasi rekan seperjalanan. Semua ini tidak masalah bila Anda memang akrab dengan rekan tersebut dan terbiasa berbagi dalam kondisi seperti itu. Namun bila Anda pergi dalam rombongan yang anggotanya beragam dan tidak terlalu akrab, sebaiknya hindari urusan macam ini karena tidak etis.
4.      Saat datang bulan
Biasanya saat datang bulan, emosi naik turun bak roller coaster dan rasanya malas ngapa-ngapain. Dalam keadaan seperti ini Anda wajib berusaha keras menahan diri dan menjaga emosi. Jangan sampai hanya gara-gara datang bulan membuat suasana perjalanan runyam. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah aturan lokal yang berkaitan dengan wanita yang sedang datang bulan seperti tidak boleh memasuki tempat-tempat tertentu.
5.      Perilaku
Suka atau tidak, di banyak daerah, tolok ukur kesopanan bagi pria dan wanita berbeda. Mungkin malam-malam nongkrong sambil merokok di pinggir jalan bisa diterima jika dilakukan pria, tapi belum tentu untuk wanita. Supaya perjalanan Anda nyaman dan lancar, sebaiknya jaga kesantunan dan nggak usah neko-neko di perjalanan.
Oke lah kalau begitu, tampaknya cukup tips dari saya, jika Anda melakukan beberapa tips di atas, niscaya Traveling Anda dapat berjalan dengan menyenangkan dan yang paling utama adalah Anda dapat lebih “HEMAT BIAYA” selama perjalanan Anda.
*****SELAMAT BER-TRAVELING RIA*****
Berbagi Bersama dengan "Monster Air" Klik Di Sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar