SELAMAT DATANG

Senin, 30 April 2012

Mengenal Edmodo

Bagi mahasiswa UNNES pasti dah kenal eLena kan? ya, media e-learningnya unnes... Edmodo juga hampir sama dengan eLena hanya saja berbentuk jejaring sosial. Bagi guru/calon guru yang belum bisa membuat media e-learning, edmodo bisa dijadikan alternatif.
Apa sih kelebihan dan kekurangan edmodo?
Kalau menurutku c, kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:
>> Kelebihan
  • Nggak sering error
  • Orang tua dapat mengontrol hasil belajar siswa
  • Guru dan siswa tidak harus bertatatap muka.
  • Dapat diakses siapapun, kapanpun, dan di manapun(asal ada koneksi internet)

>> Kekurangan

  • Membutuhkan fasilitas dan jaringan  internet yang memadai.
  • Membutuhkan kesadaran siswa untuk aktif dalam pembelajaran.
Bagaimana cara mendaftar edmodo?
Silahkan kunjungi dulu www.edmodo.com.Seperti jejaring sosial lainnya, cara mendaftar edmodo sangat mudah  hanya mengisi identitas saja dan syaratnya mempunyai email. Anda bisa mendaftar sebagai guru, siswa, atau orang tua. Jika akan mendaftar sebagai siswa harus tahu kode grup yang akan diikuti.

Bagaimana cara membuat grup atau masuk ke suatu grup?
Tinggal klik tulisan join or create di sisi sebelah kiri bawah. Setelah Anda membuat grup akan muncul kode grup. Kode ini yang  akan digunakan teman guru Anda, siswa Anda, atau orang tua siswa untuk join.  

Dalam edmodo Anda juga dapat memberikan kuis atau tugas kepada siswa, di mana jawaban siswa dapat dikoreksi langsung (untuk soal tipe multiple choice dan true/false) , memberi penghargaan kepada siswa, dan memberi komentar pada jawaban siswa.
Pada dasarnya, jika Anda sering bermain-main dengan facebook, pastinya tidak akan kesulitan menggunakan edmodo. 
Maju  Terus Pendidikan Indonesia dan Selamat Berkarya....

4 komentar:

  1. Dosen aja masih jarang yang menggunakan eLena...wkkk

    salam konservasi...!

    BalasHapus
  2. cara masukinya ke group edmodo gimana gan? sebagai siswa

    BalasHapus
  3. Artikel ini sangat menarik. Terimakasih telah berbagi informasi. Informasi ini sangat membantu

    ST3 Telkom

    BalasHapus