SELAMAT DATANG

Minggu, 15 April 2012

Model Pembelajaran Talking Stick



Menurut Ramadhan dalam (http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/) talking Stick (tongkat berbicara) adalah metode yang pada mulanya digunakan oleh penduduk asli Amerika untuk mengajak semua orang berbicara atau menyampaikan pendapat dalam suatu forum (pertemuan antarsuku), sebagaimana dikemukakan Carol Locust berikut ini.
The talking stick has been used for centuries by many Indian tribes as a means of just and impartial hearing. The talking stick was commonly used in council circles to decide who had the right to speak. When matters of great concern would come before the council, the leading elder would hold the talking stick, and begin the discussion. When he would finish what he had to say, he would hold out the talking stick, and whoever would speak after him would take it. In this manner, the stick would be passed from one individual to another until all who wanted to speak had done so. The stick was then passed back to the elder for safe keeping.

Talking stick merupakan salah satu model pembelajaran model kooperatif. Pembelajaran menggunakan model talking stick mendorong siswa berani mengemukakan pendapat.  Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat, siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pokoknya.
Menurut Ramadhan dalam (http://tarmizi.wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/) langkah-langkah pembelajaran talking stick adalah sebagai berikut:
1.      Guru membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang.
2.      Guru menyiapkan sebuah tongkat yang panjangnya 20 cm.
3.      Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan para kelompok untuk membaca dan mempelajari materi pelajaran.
4.      Siswa berdiskusi membahas masalah yang terdapat di dalam wacana.
5.      Setelah kelompok selesai membaca materi pelajaran dan mempelajari isinya, guru mempersilahkan anggota kelompok untuk menutup isi bacaan.
6.      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada salah satu anggota kelompok, setelah itu guru memberi pertanyaan dan anggota kelompok yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
7.      Siswa lain boleh membantu menjawab pertanyaan jika anggota kelompoknya tidak bisa menjawab pertanyaan.
8.      Guru memberikan kesimpulan.
9.      Guru melakukan evaluasi/penilaian, baik secara kelompok maupun individu.
10.  Guru menutup pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar